Hadiri Ibadah Syukuran Tulude di Kuma,Gaghana Disambut Secara Adat

oleh -53 views
image_pdfimage_print

SANGIHE,GN- Bupati Jabes Ezar Gaghana,SE,ME menghadiri acara syukur Tulude di Kampung Kuma Kecamatan Tabukan Tengah bertempat di kantor Kapitalaung,Selasa (16/2/2021).

Tarian Adat Budaya Kabupaten Kepulauan Sangihe (foto : gemparnews)

Sebelum masuk di ruangan tempat ibadah Syukur Tulude,Bupati Gaghana disambut secara adat oleh Pemerintah dan Masyarakat Kuma dengan menyaksikan tarian adat yaitu,tarian upase,tarian salo dan tarian gunde.

Ketika memasuki tempat ibadah Bupati bersama rombongan di iringi dengan tambor dan tagonghong.

Dimulainya acara Tulude dengan dilakukannya prosesi adat yaitu, kakumbaede,Menahulending dan pemotongan kue adat tamo.

Kapitalaung Kampung Kuma Robert Heriyanto Manumpil pada sambutan singkatnya menyampaikan terima kasih kepada Bupati bersama rombongan yang telah menghadiri acar Tulude di Kuma.

” Terima kasih kepada Bapak Bupati bersama rombongan yang telah menghadiri acara syukuran di Kampung Kuma,”ucap Manumpil.

Sementara itu Bupati Jabes Ezar Gaghana,SE,ME dalam sambutannya menyampaikan,ditengah-tengah pandemi covid 19,pelaksanaan Tulude penuh dengan batasan-batasan untuk perkumpulan banyak orang ,mempunyai dampak bukan hanya di Kuma tetapi mulai dari Kabupaten.

Baca juga:  Gaghana : Masa New Normal Tetap Berinovasi Ikuti Protokol Kesehatan, Wisatawan Asing Silahkan Berkunjung Ke Sangihe

” Tulude di Kabupaten pembatasannya sangat ketat,demikian pun disaat ini karna protokol covid 19 menuntut kita disaat ini harus benar-benar tertib,namun tidak mengurangi kondisi realitas yang ada semangat masyarakat Pemerintah kampung Kuma bersama Pemerintah Kecamatan Tabukan Tengah dapat melaksanakan acara Tulude dalam konteks pemahaman bahwa ucapan syukur yang dirasakan dan dapat diterima oleh seluruh masyarakat benar-benar adalah sebuah wujud kasih dan anugerah dari pada Tuhan semata”.

Gaghana mengatakan bahwa esensi yang pertama adalah membuat semua dan masyarakat Kuma menyadari betapa kasih Tuhan atas penyertaannya,atas bimbingannya bahwa semua dapat melewati dan boleh menjalani tahun sebelumnya termasuk tahun 2020,termasuk masyarakat dan.Pemerintah dapat melaksanakan perjalanan kehidupan dan mendapat berkat dari pada Tuhan semata,sehingga dapat melewati tahun 2020 dengan pertolongan Tuhan.

Bupati menambahkan bajwa Esensi yang kedua dapat bersyukur kepada Tuhan bahwa seluruh masyarakat boleh dihentar memasuki Tahun yang baru,tahun 2021 tahun yang penuh dengan berkat,tahun penuh dengan anugerah yang menjadi bagian dalam perjalanan masyarakat di tempat ini,sehingga boleh dimampukan oleh Tuhan dalam kebersamaan seluruh masyarakat boleh terhindar dari segala marah bahaya,cobaan dan malapetaka yang mengintai kehidupan setiap saat bagi setiap orang,”tambah Bupati Gaghana.

Baca juga:  Bupati Jabes Gaghana Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana

” Esensi ketiga Kita memohon pertolongan Tuhan karena kita masih diperhadapkan dalam kehidupan ditahun 2021,kiranya dengan berkat Tuhan dan pertolongan Tuhan I Ghenghonalangi Ruatang Saruluang
boleh memberkati kita,boleh menyertai kita,boleh menghindarkan kita dari segala marah bahaya ,cobaan,gumul,ketika memasuki hari-hari berikutnya.kesadaran untuk kita merayakan Tulude adalah sebuah esensi dalam sebuah pemahaman ucapan syukur sekaligus doa menghadapi kehidupan yang akan datang,”tutup Jabes.

Turut hadir wakil ketua dua DPRD Michael Thungari,Sejumlah Pimpinan OPD,Camat Tabukan Tengah Yusak Karame,S.AP, Pemerintah Kecamatan,sejumlah Kapitalaung,Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat,Tokoh Adat,Undangan dan Masyarakat Setempat .(ROBIN)

No More Posts Available.

No more pages to load.