Dandim 1301/Sangihe instruksikan seluruh jajaran manfaatkan Lahan Tidur Di Wilayah

oleh -19 views
image_pdfimage_print

SANGIHE,GN-Untuk mendukung dan meningkatkan swasembada pangan di Kabupaten Sangihe,Komondan Kodim 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto, S.I.P memerintahkan Koramil jajaranya, dalam pemanfaatan lahan tidur yang berada di wilayah binaan, Selasa (07/04/2020).

Dalam mencukupi kebutuhan pangan yang terus meningkat, tantangan yang dihadapi pada masa yang akan datang tidak hanya terbatas pada upaya peningkatan produksi tetapi juga harus mempertimbangkan keberlanjutan yang berkaitan dengan kelestarian lingkungan. Tantangan ini bisa dijawab dengan memanfaatkan lahan yang belum dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian produktif. Kondisi lahan ini biasanya terbuka atau telah ditutupi tumbuh-tumbuhan yang tidak produktif seperti alang-alang dan semak belukar.

Baca juga:  Pasandaran : Dengan Wisata Selam, Daerah Terkenal Sampai Dunia

Hal ini terlihat seperti yang dilakukan oleh anggota Koramil 1301-07/Tabut bersama masyarakat di Desa Raku Kecamatan Tabukan Utara, dalam melaksanakan kerja bakti pembukaan lahan tidur dengan luas kurang lebih 1 Ha, yang nantinya akan di tanami jagung, ubi kayu, ubi jalar dan sayuran.

Komandan Kodim 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto, S.I.P mengatakan,” Tujuan kita memanfaatkan lahan tidur yang sering kita abaikan adalah memanfaatkan lahan yang tadinya tidak produktif dan hanya ditumbuhi semak belukar, dapat kita olah untuk di jadikan perkebunan maupun pertanian untuk menambah perekonomian keluarga, serta mewujudkan Ketahanan Pangan di wilayah,”

Baca juga:  35 Rumah Ibadah Di Sangihe Dapat Dana Hibah Dari Pemprov

“Kita berharap peran serta dari semua pihak, untuk saling bergotong royong dalam Pengelolaan lahan-lahan tidur di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe, sehingga dapat meningkatkan ketahanan Pangan di Daerah ini, dengan kerja keras dan kemauan tinggi, Saya yakin Wilayah kita akan menjadi Daerah yang kaya dan sudah pasti akan mampu mencukupi swasembada pangan sendiri,” pungkasnya.

Dalam mendukung program Pemerintah tentang penguatan Swasembada Pangan, seluruh jajaran Kodim 1301/Sangihe tengah menggiatkan program pemanfaatan lahan tidur yang akan di tanami berbagai komoditi pertanian, sesuai dengan kondisi tanah di wilayah masing-masing.(ROBIN)

No More Posts Available.

No more pages to load.