Tuange Ungkap Makna Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Bagi Masyarakat Talaud

oleh -10 views
image_pdfimage_print

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Halaman Kantor Bupati Kabupaten Talaud. (foto: eko)

TALAUD, GN – Masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud diajak untuk memperkuat persatuan dan kesatuan menjelang pengumuman hasil pemilu dari KPU RI.

“Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke -111, yang jatuh pada 20 Mei 2019, kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa. Kita berada dalam situasi pasca pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita. Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa. Oleh sebab itu tak ada maslahnya jika dipertajam dan dipererat persatuan sosial kita,” kata (Plt) Bupati Kepulauan Talaud, Petrus Simon Tuange, Sos,Msi saat menjadi inspektur upacara peringatan Harkitnas di halaman depan Kantor Bupati Kabupaten Talaud, pada Senin (20/05/19).

Baca juga:  Petrus Tuange Kembalikan 394 ASN Yang Di Mutasi SWM Lalu

Petrus Simon Tuange, membacakan sambutan Menkominfo, Rudiantara, mengatakan perjuangan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan tidak mudah. Para pejuang telah menyatukan Nusantara dengan darah juang Indonesia dan harus kita jaga dari perpecahan. Para pejuang menjadikan bangsa yang merdeka, yang kemudian dikenal sebagai Kebangkitan Nasional, itulah yang mengawali perjuangan anak bangsa.

Budi Utomo, kata Tuange, merupakan sosok yang inspiratif karena telah memberikan segenap jiwa demi menciptakan persatuan bangsa.

Pesta Demokrasi sudah usai, sampai sekarang ini tahap-tahap pemilihan presiden dan wakil presiden serta anggota legislatlf berlangsung dengan lancar. Kita semua kurang menunggu hasil dari KPU yang sah sebagai penyelengara Pemilu. Di Kabupaten Talaud hingga saat ini masih aman dan kondusif.

Baca juga:  Cegah Nelayan Asing Masuk Perairan Talaud, Polsek Nanusa Patroli Pakai Perahu Pambout

“Gambaran tersebut aktual sekali pada masa sekarang ini. Kita merasakan bahwa ada kekuatan-kekuatan yang berusaha merenggangkan ikatan persaudaraan kita. Kita disuguhi hasutan-hasutan yang membuat kita bertikai dan tanpa sadar mengiris ikatan yang sudah puluhan tahun menyatukan segala perbedaan tersebut,” ugkap Tuange.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) mesti menjadi momentum untuk segenap elemen bangsa bersatu.
Hadir dalam upara tersebut Forkopimda Kabupaten Talaud, seluruh Kepala Dinas Dilingkup Pemda, serta siswa siswi SD dan SMA di Kecamatan Melonguane.(eko)

No More Posts Available.

No more pages to load.