Sidak Alsintan, FDW Temukan Ketidak Beresan Biaya Sewa Alat Traktor Di Dinas Pertanian

oleh -68 views
image_pdfimage_print

Amurang,GN- Setelah sekian lama dipergunakan sejumlah Alat dan mesin Pertanian seperti Traktor yang dipakai ntuk merombak dan membongkar lahan pertanian , ternyata belum ada satupun hasil sewa alat tersebut yang disetor ke kas daerah, padahal alat itu digunakan sejak Tahun 2018. Hal ini terungkap saat Bupati Minahasa Selatan Frangky Dony Wongkar (FDW) melakukan pemeriksaan di lapangan (Sidak) ke kantor Dinas Pertanian,selasa (9/03/21).

Bupati Minahasa Selatan Saat Melakukan Sidak (foto : gemparnews)

Ketiika FDW menanyakan ke beberapa operator alat Traktor tentang hasil sewa yang didapat mereka mengelak bahwa tidak ada pendapatan karena tidak di pungut biaya sewa dari Petani namun ketika didesak terus mereka baru mengaku bahwa pendapatan yang didapat berkisar Rp 3 juta/bln dari hasil sewa ke petani. hal ini membuat FDW geram dan menegur salah satu operator. ” Bapak jangan badusta karna badusta beking kita marah. ternyata selama ini ada pendapatan dari hasil sewa alat tersebut.” geram FDW.

Baca juga:  Prihatin Terhadap Warga Terdampak Covid-19, Polwan Polres Minsel Bagikan Sembako

Ketika ditanyakan disetor kemana uang itu terlihat jawaban saling lempar tanggung jawab antara petugas BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) dan operator alat.mereka mengatakan belum disetorkan ke kas daerah. ” Sudah sejak dari tahun 2018 belum ada yang disetorkan ke kas daerah,” kata salah satu petugas BPP.

hal ini langsung di respon oleh FDW bahwa akan ada penataan dan evaluasi kembali tentang penggunaan alat alat pertanian agar dapat difungsikan sebagaimana mestinya dan mengatur biaya sewa agar bisa menghasilkan untuk kas daerah. “Catat akan ada evaluasi secara menyeluruh.karena alat ini milik pemerintah bukan milik pribadi. jadi akan ada penataan kembali untuk penggunaan alat alat ini agar bisa difungsikan dengan baik sehingga bisa ada pemasukan ke kas daerah dan dikembalikan lagi untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat Minsel khususnya petani, karena kita pe papa juga petani. “Kata Bupati yang kharismatik ini.
Dalam Sidak ini, Bupati didampingi Kadis Pertanian dan sejumlah jajaran Pemkab Minsel. (dfy)

Baca juga:  Wakil Bupati PYR Hadiri Penandatanganan Kerjasama PLN dan PT Semarak Adhi Karya

No More Posts Available.

No more pages to load.