Upacara Adat Tulude Sangihe Tahun 2021, Ditengah Pandemi Covid 19

oleh -211 views
image_pdfimage_print

SANGIHE,GN – Upacara adat Tulude adalah adat Masyarakat Nusa Utara yang dilaksanakan setiap tahun. Pelaksanaan acara Tulude tahun ini ditengah bawah covid 19,dan tetap dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan dan membatasi jumlah peserta,sehingga berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang diramaikan masamper,empat wayer dan kegiatan lainnya.

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes E Gaghana Saat Menyampaikan Arahan Sasasah(foto: gemparnews)

Tema Tulude tahun 2021 adalah permohonan kepada Sang Khalik Ditengah Wabah Covid-19 dan Sub Tema Melalui HUT Daerah Kepulauan Sangihe ke 596 tahun dan Upacara adat Tulude 2021.

Acara Prosesi Tulude 2021yaitu, Penghormatan adat ,Pemukulan tagonggong dan Tambur pertanda acara Tulude dimulai, Penyerahan kue adat tamo,penerimaan kue adat tamo.

Bupati bersama Ibu,Wakil Bupati bersama Ibu, Sekretaris Daerah bersama Ibu dan Ketua DPRD saat menerima Doa Penyejuk (Menahulending )

Sekretaris Daerah Melanchton Harry Wolf ketika menyampaikan pengantar kata bahwa, melalui HUT daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe ke-596 tahun dan Upacara adat Tulude dapat membudayakan hidup bersih dan sehat.

” Hal ini menjadi perenungan bagi kita semua selaku Pemerintah dan masyarakat Kepulauan Sangihe bahwa,segala sesuatu yang ada di daerah yang kita cintai ini,berasal dari Tuhan semesta I Ghenghonalangi Ruatang Saruluang,karena itu hanya kepada Dialah kita panjatkan syukur dan doa serta menggantungkan harapan kita akan masa depan daerah yang kita cintai ini,” ujarnya.

Baca juga:  James Amos Penjabat Kapitalaung Kampung Rendingan Mengucapkan Dirgahayu Kemerdekaan RI ke 78 Tahun
Bupati ,Wakil Bupati,Sekretaris Daerah Bersama FORKOPIMDA

Usai itu pengantar kata dilanjutkan dengan Menahulending Banua dan Tembonang Kawanua.dan Pemotongan kue adat tamu.

Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana,SE,ME ketika membawakan sambutan (Sasasah) mengatakan bahwa acara adat Tulude tahun 2021 mengikuti protokol kesehatan,

Pemotongan Kue Adat Tamo

Gaghana menambahkan tema Tulude tahun 2021 adalah permohonan kepada sang khalik ditengah covid 19,melalui HUT Daerah Kepulauan Sangihe ke- 596 tahun dan upacara adat Tulude kita budayakan hidup bersih dan sehat.

Ditambahkan Bupati Gaghana bahwa,dari tahun 2020 di masa pandemi covid 19 yang sangat keras,tetapi kita mendapatkan berbagai penghargaan dan capaian yang didapat,dan tahun 2021 mendapatkan sesuatu yang lebih, harus memiliki semangat dan komitmen.

Menahulending Banua

” Meskipun di masa pandemi covid 19 yang sangat keras,tapi kita boleh mendapatkan berbagai penghargaan dan capaian,dan kita berharap di tahun 2021 kita juga mendapatakan sesuatu yang lebih,harus punya semangat dan optimis,”harap Bupati.

Sebelumnya pukul 14.00 Bupati Jabes Ezar Gaghana,SE,ME menghadiri rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam rangka Hut Daerah ke 596 tahun minggu,(31/1/2021),di ruang sidang DPRD Kabupaten Sangihe.

Baca juga:  Tinjau Proyek Jalan Dan Tanggul Jalan Di Kampung Kalasuge, Bupati Sangihe Minta Kontraktor Kerjakan Sesuai Bestek
Penyerahan Dan Penerimaan Kue Adat Tamo

Rapat dipimpin langsung Oleh Ketua DPRD Josephus Kakondo,BAE pada kesempatan itu mengatakan,pertama-tama bersyukur kepada Tuhan yang telah menyertai dan memberikan kesehatan disepanjang tahun 2020,dan juga menyertai kehidupan sampai tahun 2021 sehingga daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe pada hari ini minggu 31 januari 2021dapat memperingati hari ulang tahun yang ke 596 tahun.

Kakondo mengatakan bahwa rapat paripurna DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam rangka HUT Daerah ke-596 tahun,mengikuti protokol kesehatan covid 19.  Hari ulang tahun daerah ke-596 tahun menjadi peringatan perjuangan dan pelayanan untuk membangun daerah tanah Tampungang Lawo ini.

Bupati Jabes E Gaghan,SE,ME Dan Wakil Bupati Helmud Hontong,SE, Ketua DPRD,Wakil Ketua DPRD Bersama Forkopimda Dalam Rapat Paripurna DPRD HUT Daerah Ke-596 Tahun

Kakondo menambahkan bahwa hari ini adalah sukacita warga Nusa Utara dari Miangas sampai Biaro. “Kiranya momentum ini membuat kita kedepan lebih optimis,agar habatan-habatan,dan cobaan-cobaan semua pergumulan akan kita lewati bersama dengan baik,dan daerah kita lebih maju dan masyarakat sejatera,”imbuh Kakondo.

Dihadiri wakil Bupati Helmud Hontong,SE,Wakil Ketua I DPRD Fredi Sondakh ,Wakil ketua II DPRD Michael Thungari,FORKOPIMDA,Sekretaris Daerah Melanchton Harry Wolf,Para asisten Sekda,Pimpinan OPD,anggota DPRD,Para Camat,Lurah,Tokoh agama,Tokoh Masyarakat dan Para undangan.(Advetorial,ROBIN).

No More Posts Available.

No more pages to load.