Hindari Kerumunan Di Kapal, Jelang Natal Dan Tahun Baru Dua Armada Tambahan Siap Layani Penumpang Ke Nusa Utara

oleh -124 views
image_pdfimage_print

Manado,GN- Kepala KSOP Manado Capt Mosez Karaeng mengungkapkan untuk mengantisipasi lonjakan dan kerumunan penumpang di kapal, perusahaan pelayaran telah menyiapkan dua armada kapal tambahan guna melayani penumpang ke Nusa Utara (Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Talaud ) jelang Natal dan Tahun baru.

” Sebetulnya kami tidak mengharapkan ada lonjakan penumpang. Kami sudah memberikan hibauan, supaya masyarakat dapat mengatur perjalanan. Kami mengharapkan kalau boleh hindari tanggal 18, 21 dan 23 karena akan terjadi lonjakan penumpang meskipun dalam pantauan kemarin terjadi penurunan penumpang 50 persen dibanding tahun sebelumnya. Himbauan ini kami sudah sampaikan sejak November lalu, untuk mematuhi protokol kesehatan,” ugkap Karaeng ketika ditemui awak media ini Kamis (17/12/2020).

Kepala KSOP Manado Capten Mosez Karaeng (foto : gemparnews.com)

 

Lebih lanjut, kesiapan armada tahun ini menurutnya sudah cukup karena ada ketambahan armada baru ke Talaud yakni barcelona 3 dan ke Tahuna Merit teratai. “Jadi kapal untuk Manado-Tahuna 7 armada, Manado-Talaud 4 armada, Manado-Siau-Tagulandang 5 armada, Manado-Ternate 6 armada dan Manado-Biaro 3 armada,” jelas mantan KSOP Tanjung balai karimun ini.

Baca juga:  Pelabuhan Manado Belum Ada Pembatasan Waktu Pelayaran Menuju Kepulauan Nusa Utara Dan Maluku

Dia berharap agar masyarakat penumpang tetap mematuhi protokol kesehatan dan dapat mengatur perjalanannya. “Untuk armada Manado-Tahuna setiap hari ada kapal. Untuk KM Merit Teratai dan Sain Merry melayani penumpang setiap Selasa, Kamis dan Sabtu sementara lainnya seperti biasanya. Kami berharap peran pemerintah daerah untuk terus memberikan himbauan kepada masyarakat,” harapnya.

Selain itu, Karaeng meminta masyarakat penumpang untuk tidak memaksakan diri naik ke kapal, kalau tidak memiliki tiket. “Hari-hari ini kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk mengutamakan keselamatan jiwa. ” Sayangilah nyawa dan keselamatan jiwa anda. Kalau kapasitas penuh jangan lagi memaksakan diri naik ke kapal apalagi tidak memiliki tiket,” terangnya.

Baca juga:  Otoritas Pelabuhan Manado Buka Kembali Pelayaran Kapal Menuju Nusa Utara
KM Merit Teratai Siap Melayani Penumpang Ke Kabupaten Kepulauan Sangihe (foto : ist)

 

Ditanya soal himbuan kementerian perhubungan untuk pembatasan penumpang, Karaeng menjelaskan hingga saat ini, khusus angkutan laut tidak ada pembatasan penumpang. ” Dulu memang ada pembatasan penumpang dalam rangka hari raya idul fitri sekitar 50 persen tapi saat ini jelang Natal dan Tahun baru belum ada himbauan pembatasan penumpang. Yang kita himbau di kapal jangan ada melebihi dari sertifikat, kalau itu ada di kapal, bukan lagi tanggungjawab kami tapi sudah menjadi tanggungjawab perusahaan,” pungkas Karaeng. (sisco)

No More Posts Available.

No more pages to load.