Di Tengah Upaya Memerangi Wabah Covid-19 Bupati CEP Sampaikan LKPJ Dalam Rapat Paripurna DPRD Minsel

oleh -19 views
image_pdfimage_print

MINSEL, GN – Dalam upaya seluruh elemen bangsa memutus mata rantai pandemi Covid-19 tidak menjadi halangan bagi Kepala Daerah untuk menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung jawaban (LKPJ) tahun anggaran 2019 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Minahasa Selatan melalui video conference, Senin (06/04/2020).

Bupati Minahasa Selatan Dr Christiany E Paruntu Ketika Menyampaikan LKPJ Tahun 2019

Sidang paripurna tersebut digelar dibeberapa tempat diantaranya Gedung DPRD Minsel, Rumah dinas Bupati, ruang kerja Wakil Bupati yang terhubung langsung melalui Video Conference.

Sidang dengan agenda penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung jawaban Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Tahun 2019 ini dipimpin oleh Ketua DPRD Jenny Johana Tumbuan didampingi Wakil Ketua Stevanus Lumowa dan Paulman Runtuwene.

LKPJ merupakan ringkasan laporan pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan atau progress report pelaksanaan pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah daerah.

Baca juga:  Pemakaman Jenazah Status PDP di Desa Wanga Amongena, Kapolres : Kami Turut Berduka

Bupati Cristiany Eugenia Paruntu dalam video conference tersebut mengawali sambutannya dengan mengucap syukur ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa karena masih diberi kesehatan dan melaksanakan sidang di tengah pandemi Covid-19.

Penyampaian LKPJ akhir Tahun Anggaran 2019 merupakan agenda konstitusional tahunan yang secara yuridis formal diatur dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014.

Hal itu yang mengamanatkan Kepala Daerah untuk menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban kepada DPRD.

Dirinya menyampaikan bahwa dokumen LKPJ tahun 2019 terdiri dari tiga buah buku yang disusun dalam satu paket.

Dilaporkan juga hasil penyelenggaraan urusan pemerintah daerah seperti halnya Opini BPK terhadap Laporan Keuangan Daerah di Tahun 2019 untuk ketiga kalinya Minahasa Selatan mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)

Baca juga:  Bupati FDW Launching Media Pendidikan Digital Terintegrasi

“Artinya akuntabilitas kinerjanya sudah baik, memiliki sistem yang dapat digunakan untuk managemen kinerja dan perlu sedikit perbaikan,” ucapnya.

Secara umum pelaksanaan program pembangunan dan capaian kinerja menurutnya telah berjalan dengan baik sesuai dengan target yang tercantum dalam RPJMD Kabupaten Minsel Tahun 2019 – 2024.

“Melalui LKPJ ini diharapkan dapat diperoleh rekomendasi konstruktif dan catatan-catatan yang strategis sebagai pedoman dalam rangka perbaikan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan Kabupaten Minsel, dalam mewujudkan Kabupaten yang hebat dan terdepan. ” tambahnya.

Diakhir sambutannya, Bupati Cristiany Eugenia Paruntu mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada para anggota DPRD sebagai mitra kerja Pemerintah Daerah.

Rapat paripurna ini diikuti juga Wakil Bupati Franky Donni Wongkar, Unsur Forkompinda, serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah.
(*/Jusak Poludu)

No More Posts Available.

No more pages to load.