Babinsa Koramil 05/ Tahuna Aktif Laksanakan Puldatater

oleh -38 views
image_pdfimage_print

SANGIHE,GN- Kegiatan Koramil 05/Tahuna jajaran Kodim 1301/Sangihe Babinsa Serda Hendra Makaontol melaksanakan Puldatater dengan Ibu Lurah Truli Makahinda, bertempat di Kantor Kelurahan Tona 1 Kec Tahuna Timur,Kab. Kepl. Sangihe. Jumat (14/02/20).

Kegiatan yang dilakukan Babinsa adalah mengumpulkan data geo, demo, konsos yang ada di wilayah, sehingga semua data yang ada di Kelurahan sama dengan data yang ada di kantor Koramil. Babinsa juga menyampaikan kepada perangkat Kelurahan apabila ada warga baru yang datang dan tinggal menetap di wilayah Kelurahan ataupun warga kita yang pindah sesegera mungkin di data.

Pengumpulan data territorial itu menurut Serda Hendra Makaontol, guna upaya pencegahan konflik dan memberikan rasa aman di wilayah binaan. Hal itu juga untuk mengetahui secara dini tentang perkembangan situasi dibidang Kamtibmas khususnya bagi warga Tona I.

Baca juga:  Sebanyak 28 Kapitalaung Diberikan Pembekalan

Dikatakannya, secara rutin dan berkesinambungan pihaknya akan melaksanakan Puldatater dengan warga di wilayah binaan.

Dia mengaku, kegiatan tersebut merupakan salah satu metode Binter TNI AD yang dapat dilaksanakan secara teratur untuk mencapai tujuan komunikasi sosial sesuai dengan yang diharapkan.

Serda Hendra Makaontol menjelaskan, kegiatan Puldatater tersebut, Babinsa harus dapat mempelajari serta menafsirkan situasi apapun yang akan dihadapi. Juga dapat beradaptasi serta mengatasi masalah yang sedang terjadi.

Selain itu, jelas Serda Hendra Makaontol, salah satu tujuan Puldatater adalah terbentuknya suatu aktualisasi diri pribadi, stabilitas sosial, tertib sosial, penerusan nilai-nilai lama dan baru dimasyarakat sehingga dapat memupuk, membina dan memperluas kesadaran masyarakat.

Baca juga:  Perayaan Paskah Pemuda GMIST Sion Kolongan Beha

Sementara itu, Dandim 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto S.I.P yang dihubungi menyatakan, Prajurit TNI Angkatan Darat, khususnya yang bertugas di Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) harus menguasai lima kemampuan teritorial.

“Kelima kemampuan ter yang harus dikuasai tersebut, diantaranya deteksi dini dan cegah dini, yakni setiap prajurit Satkowil harus mampu memberikan rasa aman kepada masyarakat, dengan melakukan deteksi dini, sebelum suatu kejadian muncul serta mengupayakan pencegahan,” tutur Dandim 1301/Sangihe.(ROBIN).

No More Posts Available.

No more pages to load.