Daerah Pesisir Bahowo Tongkaina Benteng Dan Perisai, DKP Sulut Dukung Penanaman Mangrove

oleh -22 views
image_pdfimage_print

Sulut,GN- Daerah pesisir pantai merupakan benteng pertahanan bagi wilayah daratan yang tetap di jaga kelestariannya. Kegaitan untuk menjaga lingkungan dan ekosistem laut itu pun ikut ditopang relawan Konservasi dan Manengkel Solidaritas.

Pemerintah Provinsi Sulut, melalui Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) serta didukung Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulut menggelar kegiatan menanam mangrove di pesisir di daerah Bahowo Kelurahan Tongkaina Kecamatan Bunaken Kota Manado, Selasa (28/05/19).

Kadis DKP Sulut Ir Ronald Sorongan saat di wawancarai awak media ini menyebutkan bahwa keberadaan Mangrove Bahowo menjadi benteng dan perisai paling ampuh dalam menjaga wilayah pesisir.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini. Selain menjaga wilayah pesisir, keberadaan mangrove juga menjadi habitat bagi ekosistem laut, tempat bertelurnya ikan dan ini perlu dijaga kelestariannya,” sebut Sorongan.

Baca juga:  Di Hadiri Kepala BKD Provinsi Sulut, Sertijab Dan Penandatanganan Pakta Integritas Di Lingkungan DPRD Sulut

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah Sulut, Ir Marly Gumalag mengatakan, penanaman mangrove sudah dilakukan sejak 11 Mei 2019.

“Ada 2000 bibit pohon mangrove yang kami tanam bersama Relawan Konservasi Sulut dan masyarakat Bahowo serta para pemerhati lingkungan,” ungkap Kadis Gumalag.

Lanjutnya, kegiatan ini juga adalah program dari DLH Sulut dalam pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan tahun 2019 dan ini sesuai Visi Misi Pemerintah Sulut dimana sudah jelas yaitu pemerintah sangatlah peduli akan lingkungan hidup.

“Sesuai misi ketiga yaitu mewujudkan Sulawesi Utara sebagai destinasi investasi dan pariwisata yang berwawasan lingkungan serta misi kelima memantapkan pembangunan infrastruktur yang berlandasan prinsip pembangunan berkelanjutan dan ini semua diimplementasikan dalam 14 program dan 60 kegiatan dari Dinas Lingkungan Hidup Daerah Sulut untuk tahun 2019 ini,” jelasnya.

Baca juga:  Dirut RSUP Prof RD Kandou Hadiri Kegiatan Akselerasi Produktivitas dan Inovasi BLU Menuju Indonesia Maju di Jakarta

Kegiatan ini adalah Bantuan untuk pelestarian mangrove kata Gumalag, sampai saat ini sudah dilakukan penanaman mangrove dan edukasi pada masyarakat pesisir bagaimana bisa menjaga dan melestarikan mangrove dan penanaman yang akan dilakukan di Bahowo adalah bukti kepedulian Pemerintah.

Dalam penanaman mangrove tersebut selain dihadiri SKPD DLHD Sulut, juga dari Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut, Dinas Ketahanan Pangan Daerah Sulut, Dinas Kehutanan Sulut dan Pemerintah Kota Manado dan BUMN yang lain. (sisco)

No More Posts Available.

No more pages to load.