Acara Me’daseng Masyarakat Dapat Berdialog Dengan Pemerintah.

oleh -19 views
image_pdfimage_print

SANGIHE,GN- Program unggulan pemerintah kabupaten Kepulauan Sangihe Yaitu Me’daseng sangat positif dan langsung menyentuh masyarakat.Di kegiatan Me’daseng kampung Kalasuge kecamatan Tabukan Utara jumat,(21/2),Masyarakat dapat berdialog dengan pemerintah Daerah langsung menyampaikan keluhan-keluhan,saran dan pendapat kepada pemerintah.Dialog dipimpin langsung oleh Bupati kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana,SE,ME didampingi asisten satu Bupati Iklis Sombounaung.Pada kesempatan itu Bupati meminta kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat Kampung Kalasuge untuk sungguh2 mengikuti diskusi sampai selesai. Dikesempatan itu beberapa nara sumber menyampaikan materinya pada sesi pertama diantaranya:

nara sumber pertama dari Kejari Kabupaten Sangihe Yunardi,SH,MH menstresing tentang pengelolaan ADD agar dikelolah dengan baik,jangan sampai pengelolaan ADD merugikan Kampung.kejati menekankan kepada kapilaung dan perangkat untuk mengawasi ADD krn pengawasan tidak hanya dilakukan oleh penegak hukum ,tetapi semua pihak termasuk masyarakat agar pengelolaan dana ADD dikelolah secara sebaik-baiknya dan transparan.Kejari menambahkan jika terdapat kesalahan atau penyimpangan pengelolan dana ADD akan di ditindaklanjuti dan diproses,tegasnya.

Baca juga:  Pesona Pantai Kapehetang, Jadi Sarang Ikan Dugong

Perwakilan Lanal Tahuna dalam materinya tentang materi kelamatan di laut.Ia menghimbau agar masyarakat yang berlayar atau nelayan melaut agar memperhatikan keselamatan,dengan mencek dengan baik peralatan dan perlengkapan seperti mesin dan bahan bakar.

Perwakilan Kodim diwakili oleh Danramil Tabut.menyampaikan materi tentang tugas pokok babinsa di kampung2 bekerja sama dengan pemerintah kampung menjadi pelaksana untuk membantu kegiatan-kegiatan di kampung-kampung.

Kemudian penyampaian materi dari kasat Bimas Polres Sangihe dengan materi tentang masalah hoaks dan cabul.disampaikannya bahwa hoaks atau berita bohong, jika terbukti akan terjerak hukum.untuk kasus cabul paling mendominasi di kepulauan Sangihe,yang ditimbulkan karena pengaruh minuman keras,sehingga di kesempatan itu Ia menghimbau agar orang tua selalu mengawasi kepada anak-anak.

Baca juga:  Kunker Di Kahakitang,Gaghana Resmikan Tribun lapangan,Gedung Paud Serta Serahkan Bantuan Bapok dan BST

Sesudah itu penyampaian Dari Dr. Sjeni malalantang sebagai akademisi dosen Unstrat dengan materi tentang tanan sorgum,yang memiliki kelebihan tahan terhadap panas dan genangan air,keunggulan tanaman ini bebas penyakit diabetes,gluten free,serta memiliki keunggulan lainnya,”ujar Malalantang.

Usai pemaparan dari para sumber dilanjutkan dengan sesi tanya jawab,masyarakat diberi kesempatan untuk bertanya dan menyampaikan keluhan-keluhan,dan terlihat antosias dan semangat masyarakat menyampaikan pertanyaan-pertanyaan dan langsung dijawab oleh para nara sumber sehingga diskusi dapat berjalan dengan baik dan lancarh.(ROBIN).

No More Posts Available.

No more pages to load.