Pansus LKPJ Gubernur Sulut Tahun 2020 Sambangi Pemkot Tomohon

Sulut,GN- Kunjungan kerja Panitia khusus (pansus) LKPJ Gubernur tahun 2020 ke Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut di kediaman kelurahan Kolongan kota Tomohon.

Tujunan dan kehadiran pansus guna tindak lanjut laporan perangkat daerah serta sinkronisasi keadaan lapangan.

Kunjungan rombongan Pansus LKPJ Gubernur Tahun 2020 di kediaman pribadinya  pada Jumat (30/04/2021) di terima langsung Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut.

Lumentut yang juga pernah menjabat sebagai legislator sulut dua periode itu menyampaikan apresiasi atas kunjungan tersebut. Terpantau awak media ini, suasana akrab terjalin saat dialog antara personel pansus dan Wakil Walikota.

“Saya berterima kasih sekaligus mengapresiasi kunjungan kerja dari  Pansus LKPJ di Kota Tomohon, semoga kedatangan Wakil rakyat ini akan membawa Tomohon semakin maju dan Hebat, termasuk pengawasan pelaksanaan proyek di Tomohon yang sementara berjalan dan yang akan datang,”ungkap Lumentut.

” Semuanya tergantung pada wakil rakyat di DPRD Sulut, terkait pelaksanaan dan pengawasan  proyek-proyek yang ada di Kota Tomohon,”ujar Lumentut.

Hadir dalam pertemuan tersebut Wakil Ketua Pansus Nick Lomban, Vonny Paat, Sandra Rondonuwu, Inggrid Sondakh, Agustien Kambey, Syenni Kalangi, Melissa Gerungan serta Sekretaris DPRD Glady Kawatu, Kabag Keuangan Dammy Tendean dan Kabag Umum John Pareunan. (sisco/*)




Bupati Minahasa Inspeksi Ke BRI Cabang Tondano Terkait Prokes

Minahasa,GN- Inspeksi yang dilakukan oleh Bupati Minahasa Dr Ir Royke O Roing MSi, Jumat (30/4/2021) ke BRI Cabang Tondano terkait instruksi Presiden Joko Widodo agar memantau pelaksanaan protokol kesehatan (Prokes) secara disiplin untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Saat melihat dari dekat pelaksanaan pelayanan BRI Cabang Tondano, kami menghimbau agar masyarakat yang datang tetap menerapkan protokol kesehatan dan pihak BRI Tondano pun dapat mengatur sedemikian rupa agar antrian tidak padat namun masyarakat tetap dapat terlayani terutama terkait penyaluran bantuan-bantuan pemerintah, ” kata Bupati.

Dalam pelayanan apapun lanjut Bupati berharap agar Prokes tetap dikedepan
baik di lembaga pemerintah maupun swasta, termasuk penyaluran bantuan jenis apa saja kepada masyarakat guna terhindar dari resiko penyebaran Covid 19.

“Kita tidak ingin lagi lahirnya cluster baru Covid 19, makanya Prokes harus benar-benar dipatuhi dan ditaati dalam melaksanakan pelayanan apapun,” terangnya.

Hadir mendampingi Bupati yakni Sekda Minahasa Frits Muntu S.Sos, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Dr Denny Mangalah MM, Camat Tondano Barat, bersama sejumlah pejabat. (cipi)




Bupati Minahasa Instruksikan Kecamatan Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana

Minahasa,GN- Bupati Minahasa Dr Ir Royke O Roring (ROR) Jumat (30/4/2021) pagi tadi menggelar apel kesiapsiagaan bencana di Lapangan Dr Sam Ratulangi Tondano.

Bupati mengatakan bencana datang tidak direncanakan. Maka untuk menghadapinya, dibutuhkan persiapan yang baik. Karen itu, persiapan dalam mengantisipasi bencana sangat penting. “Sebagai langkah antisipatif, kita perlu melakukan persiapan penanggulangan bencana. Namun diatas semuanya itu, sebagai orang percaya saya mengajak kita semua untuk berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa supaya kita dijauhkan dan terhindar dari bencana,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati menginstruksikan para camat yang ada di 25 kecamatan di Minahasa untuk melakukan apel kesiapsiagaan bencana di wilayah masing-masing. “Hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan langkah-langkah penanganan awal serta dapat mengkoordinasikan dan melaporkan setiap kejadian secara tepat. Apalagi di wilayah rawan bencana,” terangnya.

Lanjutnya mengatakan bahwa camat diminta berkoordinasi dengan Kapolsek dan Koramil setempat, agar menindaklanjuti apel kesiapaiagaan di wilayah masing-masing, dengan melibatkan seluruh Hukum Tua dan stakeholder terkait.

“Karena yang menjadi kunci di lapangan adalah sinergitas dari seluruh elemen masyarakat, apalagi daerah rawan bencana, harus proaktif dalam melakukan langkah-langkah awal untuk antisipasi,” tandasnya. (cipi)




Roring Minta Masyarakat Jangan Lalai

Minahasa,GN- Berdasarkan data yang kini dimiliki oleh Satgas Penanganan Covid 19, jumlah pasien terkonfirmasi positif yang sedang di rawat di RSUD Samratulangi Tondano berjumlah sepuluh orang (10), padahal sebelumnya jumlah pasien terkonfirmasi positif hanya satu (1) orang, artinya terjadi peningkatan yang signifikan jumlah pasien yang terkonfirmasi positif di Minahasa. Bupati berharap agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan demi menekan angka penyebaran Covid 19.

Ini dikatakan oleh Bupati Minahasa Dr Ir Royke O Roring MSi didampingi Wakil Bupati Robby Dondokambey S.Si, usai menjadi pemimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana, Jumat (30/4/2021) di lapangan Samratulangi Tondano.

“Ada kenaikan yang cukup tinggi. Saya minta masyarakat jangan lalai, dan patuhi protokol kesehatan,” kata Bupati.

Bupati kemudian meminta kepada seluruh Camat, Lurah dan Hukum Tua untuk terus mengingatkan masyarakt di masing-masing wilayah kerja agar tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat, mengingat kasus Covid 19 masih tinggi dan belum ada tanda-tanda akan selesai.

“Saya ingatkan agar kita jangan lalai dan lengah, jika kita ingin selamat dan bisa beraktivitas dengan baik. Kunci utama yakni kepatuhan pada protokol kesehatan harus dipegang teguh , ” papar Bupati.

Pemerintah lanjut Bupati tengah giat-giatnya melakukan berbagai upaya pemulihan kesehatan juga pemulihan ekonomi, sebab dua sektor ini sangat menentukan arah pembangunan saat ini. Hal ini tentu harus dibarengi dengan komitmen masyarakat untuk bersama dengan pemerintah kita tangkal penyebaran Covid 19 dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Pemulihan kesehatan dan pemulihan ekonomi oleh pemerintah harus didukung oleh seluruh lapisan masyarakat. Dalam rangkah mewujudkan Indonesia yang tangguh, Sulut yang hebat dan Minahasa yang maju , ” pungkas Bupati. (cipi)




Bupati Minahasa Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana

Minahasa,GN- Guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa menggelar Apel Kesiapsiagaan Menghadapai Bencana, Penanganan Covid 19, termasuk Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah dan Hari Raya Ketupat, di Lapangan Dr. Sam Ratulangi Tondano.

Dalam penyampainan Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring, MSi didampingi Wakil Bupati Minahasa Dr Robby Dondokambey, S.Si, MM mengatakan dengan adanya peningkatan perubahan iklim global antara lain siklon tropis surigae yang eskalasinya mengalami peningkatan di beberapa tempat, maka kita harus waspadai bersama. Karena itulah, simulasi penanganan bencana harus dilakukan secara rutin setiap bulan bersama-sama dengan instansi terkait untuk penanganan bencana dan melakukan kajian terhadap potensi atau kerawanan bencana di daerah.

” Maka, kita perlu melakukan berbagai persiapan sebagai langkah antisipasi akan bencana alam ataupun non alam yang di timbulkan. Karena kabupaten minahasa termasuk dalam daerah yang berpotensi mengalami bencana banjir, tanah longsor akibat perubahan cuaca ekstrim secara tiba-tiba,” kata Bupati.

Bupati mengatakan dengan di gelarnya apel hari ini, tentunya merupakan bentuk respon pemerintah daerah dengan menindaklanjuti arahan dari pemerintah pusat dalam mengantisipasi kejadian bencana secara terpadu. Hal ini sangat penting dilakukan, karena potensi terjadinya bencana perlu mendapatkan perhatian bersama mengingat umat muslim akan merayakan hari raya idul fitri.

” Dengan langkah persiapan yang matang dari pemerintah daerah bahkan seluruh stakeholder terkait dapat melakukan antisipasi dan langkah-langkah penanganan secara cepat sehingga dampak bencana yang ditimbulkan juga tidak semakin besar,” ujar Bupati.

Yang menjadi kunci dalam pelaksanaan dilapangan lanjut Bupati, tentunya sinergitas dari seluruh elemen masyarakat, pemerintah daerah, tni-polri dan lsm/organisasi kepemudaan. Diharapkan juga bagi para seluruh jajaran, para camat yang ada di wilayah, apalagi daerah yang rawan bencana, untuk proaktif dan meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan langkah-langkah penanganan awal serta dapat mengkoordinasikan dan melaporkan setiap kejadian secara tepat.

Selain itu, orang nomor satu di minahasa ini juga menyampaikan bahwa, untuk menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dalam rapat koordinasi kepala daerah beberapa hari yang lalu, mengenai perkembangan pandemi covid 19 yang juga dalam waktu dekat akan memasuki hari raya idul fitri. Maka tentu, perayaan idul fitri, silahturahmi tetap memperhatikan protokol kesehatan.

” Demikian halnya, liburan idul fitri harus sama-sama kita antisipasi, terutama ditempat wisata, restoran, dan tempat berkumpulnya masyarakat agar tidak menimbulkan cluster baru penyebaran covid 19,”terangnya.

Dikatakan oleh Bupati, bahwa pada tahun ini merupakan tahun pemulihan bagi bangsa indonesia, dimana pemerintah pusat sampai kedaerah memprioritaskan percepatan recoveri kesehatan, recoveri ekonomi, penekanan tentang sosialisasi protokol kesehatan secara continue dan program vaksinasi berjalan dengan baik dan sasaran yang jelas.

” Maka, tugas kita bersama, adalah mengelolah kedua-duanya, baik itu pemulihan kesehatan dan pemulihan ekonomi dengan tidak mengesampingkan salah satu, akibatnya kenaikan covid 19 meningkat dan pertumbuhan ekonomi tertekan turun, begitu juga sebaliknya,” ungkapnya

Bupati menegaskan, pencegahan penyebaran covid 19 harus penjadi prioritas, penanganan pasien harus dilakukan secara konsisten dan pembukaan sektor perekonomian dilakukan secara bertahap dengan cara yang tepat, agar dampak ekonominya bisa kita kendalikan dengan baik.

Bupati mengharapkan kepada seluruh elemen masyarakat untuk dapat menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah masing-masing, karena saudara-saudara yang beragama islam sedang menjalankan ibadah puasa menuju hari kemenangan idul fitri 1 syawal 1442 hijriah dapat menjalankan ibadah dengan rasa aman dan kondusif.

 

Turut hadir dalam Apel ini Wakil Bupati Minahasa Dr. Robby Dondokambey, S.Si, Ketua DPRD Kab Minahasa Glady Kandouw SE, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf. H. A. Sinaga, SIP. Kapolres Minahasa AKBP Henzly Moningkey SIK, MSi. Ketua Pengadilan Negeri Tondano Nova Laura Sasube SH, MH. Kajari Minahasa Rahmat Budiman Taufani SH, Mkn. Sekretaris Daerah Kab.Minahasa Frits R. Muntu S.Sos, Assisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Minahasa Dr. Denny Mangala MSi, FKUB Minahasa, Beserta Jajaran Pemkab Minahasa. (advetorial)




Pansus LKPJ Puji Proyek Penanaman Cabe Di Lembean

Sulut,GN- Pansus pembahas LKPJ Gubernur Sulut Tahun 2020, langsung turun lapangan meninjau proyek penanaman cabe milik petani Jefry Tuwaidan di Lembean.
Proyek penanaman cabe tersebut mendapat catatan khusus oleh Ketua Pansus Rocky Wowor.

“Penanaman cabe oleh Pak Jefry Tuwaidan ini sangat bagus cara pengelolaannya, lahannya digarap dengan baik dan menghasilkan buah yang berkualitas,” kata wowor disela-sela peninjauan proyek penanaman cabe, Kamis (29/4/2021).

Wowor mengharapkan Dinas Pertanian agar terus memberikan motivasi kepada para petani di Sulut. ” Saya berharap instansi terkait Dinas Pertanian terus memotivasi para petani di Sulawesi Utara serta membantu apa yang menjadi kebutuhan mereka agar bisa sukses seperti pak Tuwaidan ini, ” tandas ketua Fraksi PDIP DPRD Sulut ini.

Adapun anggota Pansus yang hadir dalam Kunjungan Turun Lapangan yakni Rocky Wowor, Sandra Rondonuwu, Inggried Sondakh,Cindy Wurangian, Nick A Lomban, Agustin Kambey, Raski Mokodompit, Amir Liputo, Hilman Idrus,Sjenny Kalangi,Stela Runtuwene, Herry Rotinsulu,dan Melisa Gerungan. (sisco)




Media Gathering dan Buka Puasa Bersama RS Dr J.H Awaloei

Sulut,GN- Dalam menyemarakan bulan suci ramadhan 1442 H managemen Rumah Sakit Dr J.H Awaloei menggelar media gathering dan buka puasa bersama bertempat di Pondok Cafe dan Resto, Kamis (29/4/2021).
Kegiatan buka puasa yang nantinya akan menjadi kegiatan rutin untuk mempererat silahturami antara media dan Rumah Sakit.

Direktur Rumah Sakit Dr J.H Awaloei, Dr Abraham Bramy Talumewo, MHSM dalam sambutannya menjelaskan bahwa RS Dr J.H Awaloei merupakan rumah sakit kelas C yang akan merayakan ulang tahun pertama pada 10 Juni 2021 mendatang.

Di bawah kepemimpinannya, RS Dr J.H Awaloei sudah berperan dalam menunjang pelayanan kesehatan bagi masyarakat sulawesi utara yang membutuhkan. Dia juga menjelaskan terkait Fasilitas pelayanan yang dimiliki, seperti instalsi Gawat Darurat, poliklinik rawat jalan oleh dokter Spesialis dan dokter sub spesialis (Bedah saluran cerna, bedah anak, bedah tulang, bedah tumor, bedah kandungan tumor serta bedah saluran kemih), instalasi instalasi rehabilitasi medik, intensive care (ICU,NICU,PICU,HCU), ruang perawatan (VIP, kelas I, kelas II, kelas III), ruang bersalin, ruang operasi, instalasi hemodialisasi, instalasi laboratorium, instalasi radiologi serta instalasi farmasi yang sangat representatif.

Direktur RS Dr J.H Awaloei Dr Abraham Talumewo,MHSM (foto : gemparnews)

” Sesuai dengan motto rumah sakit “Serve to Respect Life” melayani untuk menghormati kehidupan, kami siap memberikan pelayanan bagi setiap individu, karena bagi kami kesehatan merupakan arti hakiki sebuah kehidupan,” jelas Dr Abraham.

Selain itu dikatakan Dr Abraham, Sejak bulan desember 2020 Rumah Sakit Dr JH Awaloei telah melayani peserta JKN-KIS dengan beberapa asuransi kesehatan kainnya.
Disisi lain kata Dr Abraham, bahwa Rumah sakit sudah berkontribusi dalam menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat covid-19, dan juga berperan menurunkan angka keterjangkitan dengan menaati protokol kesehatan.
“Harapan kami, pelayanan rumah sakit ini dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat dengan memberikan pelayanan yang terbaik,” tandasnya.

Acara dilanjutkan dengan buka puasa, sebelumnya Ustad Hi Muhamad Arif menyampaikan siraman Rohani lewat ceramah yang indah dan merdu. (sisco)




Jelang Idul Fitri, Stok Beras Di Kabupaten Sangihe Dijamin Aman

SANGIHE,GN – Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, meski masih dalam situasi pandemi Covid-19,stok beras di Kabupaten Kepulauan dalam kondisi aman dan tercukupi.

Hal ini dibenarkan Kepala Bulog Subdivre Tahuna (Kabulog) Djoko Purnomo ketika di konfirmasi Rabu (28/4) di ruang kerjanya. Dia mengatakan seluruh stok beras dalam kondisi aman dan Tercukupi.

“Tidak perlu khawatir, stok beras yang ada di Sangihe sudah dalam kondisi aman dan tercukupi menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri,” kata Purnomo

lanjutnya dia, untuk sementara sudah di bongkar 200 ton beras untuk pelayanan public service obligation (PSO) di Melong dan Beo Kabupaten Talaud.

“Dan dalam minggu ini akan datang lagi stok PSO beras medium sebanyak 200 ton ke Tahuna dari Makassar, “jelasnya.

Sementara untuk beras premium tambah Kabulog, pihaknya mendatangkan setiap bulan minimal 60 ton dari Makassar.

“Beras premium yang dalam perjalanan masuk ke Tahuna dengan tol laut dari makasar sebanyak 120 ton,” ujar Purnomo.

Disentil terkait keikutsertaan Subdivre Bulog Tahuna dalam pasar murah yang akan digelar menyambut hari besar keagamaan, Purnomo menyatakan pihak siap.

“Jika ada permintaan dari Pemerintah Daerah dan dinas terkait maka kami akan langsung menyiapkan barang-barang yang akan di jual dalam pasar murah,”pungkasnya, sembari memastikan Bulog Subdivre Tahuna akan selalu memenuhi kebutuhan beras masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe. (ROBIN)




Terjadi Lakalantas Sepeda Motor Di Pedine, Satlantas Sangihe Gerak Cepat Bersihkan Jalan

SANGIHE,GN – Akibat tumpahan pasir dari truk pengangkut pasir di Poros jalan Tahuna-Manganitu tepatnya di tikungan pedine,sejumlah pengendara sepeda motor mengalami lakalantas rabu (28/4/2021).

Salah satu Korban kecelakaan Marchel mengalami kecelakaan,akibat ban motor dikendarainya slip ditumpahan pasir badan jalan,sehingga Ia terjatuh bersama motor yang dikendarainya dan mengalami luka di bagian kaki,tangan dan badan.


Patut diapresiasi, Setelah mendapat informasi adanya kecelakaan di jalan Pedine yang diakibatkan tumpahan pasir, Satlantas Polres Sangihe, langsung Gerak Cepat menuju ke TKP dan membersihkan tumpahan pasir dijalan Pedine .

” setelah mendapat informasi adanya lakalantas di jalan Pedine yang diakibatkan oleh tumpahan pasir dari truk pengangkut barang, kami langsung meluncur ke tempat kejadian perkara (TKP), dan dibersihkan oleh anggota saya,” kata Kasat Lantas ) Polres Sangihe, IPTU Duwi Gali Prasetiawan.

Menurut kasat, pihaknya sudah evaluasi dimana tumpahan pasir yang ada di jalan diakibatkan oleh beberapa kendaraan angkutan umum barang yang masih tidak mengindahkan tata cara pemuatan barang.

” Kami akan tindak tegas bagi kendaraan angkutan barang yang tidak mematuhi tata cara pemuatan daya angkut barang sesuai dengan pasal 307 jo pasal 169 ayat (1) UU 22 tahun 2009 dengan ancaman hukuman pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak 500.000,” tegas Duwi (ROBIN)




Atasi Masalah Pupuk, PYR Kunjungi Kementerian Pertanian

Amurang,GN- Masalah pupuk yang sempat langkah dan mahal di kabupaten Minahasa Selatan, nampaknya akan segera teratasi. dimana Pemerintah serius menangani masalah tersebut, dan langkah cepat terus diambil agar pembangunan pertanian yang merupakan fondasi utama masyarakat terutama petani bisa segera bangkit.<br>
Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan lewat Wakil Bupati Pdt. Petra Y. Rembang, Rabu (28/04/21) bergerak mengunjungi Kementrian Pertanian Republik Indonesia menyampaikan sejumlah usulan lewat Proposal bantuan Sarana Prasarana Pertanian dan pupuk.


Mereka diterima langsung oleh Dirjen Sarana dan Prasarana Pertanian Kementerian Pertanian RI. Dr. Sarwo Edhy, S.P., M.M., Usulan yang dituangkan lewat Proposal, bantuan mendapat respon cepat dari Dirjen Sapras Kementrian Pertanian RI dan langsung menerima dengan mendisposisi Proposal selanjutnya akan segera di proses secepatnya.” Potensi Pertanian dan hasil yang dicapai di Kabupaten Minahasa Selatan sangatlah bagus dan baik oleh karena itu jika ada yang melakukan permohonan bantuan seperti ini harus Kami respon secepat mungkin. ” Jelas Dirjen Sapras.
Atas respon cepat dari kementeriaan Pertanian,PYR mewakili Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, mengucapkan terima kasih kepada Kementrian Pertanian, Dirjen Sapras Kementan RI. Yang telah menerima dan segera mendisposisiskan Proposal dari Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan. ” Program pemerintah yang sudah jalan yaitu program UPLAND. Program ini adalah untuk meningkatkan kapasitas, Daya Inovasi, serta pendapatan Petani yang sudah di Launching oleh Bupati Minahasa Selatan beberapa waktu yang lalu.
Semuanya untuk Petani Kab. Minsel guna menunjang kualitas Pertanian yang ada di Kab. Minsel” urai Wabub yang juga Pendeta ini. (Dfy)