Asal Muasal Nama Kampung Kalekube

Asal Muasal Nama Kampung Kalekube
Pohon Pinang (foto : ist)
image_pdfimage_print

Sangihe,GN- Kisah munculnya nama kampung Kalekube Kecamatan Tabukan Utara Kabupaten Kepulauan Sangihe,berawal dari nama salah satu bagian tumbuhan atau pohon yang di sebut dengan “Pinang”.
Pohon pinang ini memiliki beberapa bagian yakni batang,daun,palepah,buah dan semua bagian pohon tersebut dapat digunakan.

Pohon Pinang (foto : ist)

Dahulu kala di wilayah ini sebelum muncul nama kampung, pohon pinang tumbuh liar sehingga banyak palepahnya yang jatuh ke tanah. Masyarakat yang berdatangan ke wilayah ini hanya untuk mengambil pohon pinang termasuk palepah yang sudah kering untuk dijadikan bahan untuk mengipas api yang padam menjadi menyala. Sedangkan buahnya di gunakan untuk membersihkan dan memguatkan gusi dan gigi. Dan untuk batang dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat anak panah atau bisa di gunakan sebagai tempat pengasapan kopra.

 

Karena banyaknya palepah pohon pinang ini berserahkan di tanah sehingga masyarakat dahulu menamai wilayah atau kampung ini menjadi “Kalekube”.

Dalam bahasa Sangihe, Palepah pohon pinang di sebut dengan “Karlekube”. Hingga sampai sekarang masyarakat menyebutnya Kampung Kalekube.

Seiring dengan perkembangannya kini Kampung Kalekube terbagi menjadi dua Kampung yakni Kalekube Satu dan Kalekube Induk.

Sementara, pekerjaan masyarakat di kampung Kalekube selain petani dan nelayan juga memiliki segudang generasi anak muda yang kreatif. Mulai dari usaha bengkel mobil dan motor juga memiliki usaha bisnis lainnya.

Komoditi kelapa menjadi unggulan utama di kampung Kalekube selain pohon pala, cengkih dan buah-buahan lainnya.

Masyarakat kampung Kalekube memiliki rasa persaudaraan dan toleransi tinggi dalam keberagaman baik dari segi budaya dan Agama. Rasa persaudaraan terlihat ketika merayakan hari-hari besar keagamaan. Mereka saling menghormati dan menghargai antar sesama umat beragama.

Masyarakat kampung Kalekube menganut beragam Agama yakni Islam, Nasrani dan Aliran Kepercayaan yang juga disebut Islam tua. Keberagaman dan saling menghormati antar sesama masih terasa kental hingga saat ini.

Perlu di ketahui, Pohon pinang yang memiliki banyak kegunaan,masih banyak ditemui dan tumbuh di kampung Kalekube. (sisco)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.