Kepala Instalasi Radioteraphy Motivasi Pasien Pada Kegiatan Rutin Dialog Interaktif

oleh -27 views
image_pdfimage_print

Manado,GN- Kegiatan rutin yang dilakukan oleh Instalasi Radioterapy, berupa dialog interaktif dengan para pasien penderita kanker dan juga para surviver, dilaksanakan di instalasi Radioteraphy Jumat, (28/8/ 2020).

Kepala Intalasi Radioteraphy RSUP Prof Dr RD Kandou Manado dr Enrico Napitupulu, Sp Onk Rad bersama tim Promosi Kesehatan yang diketuai oleh dr Neni Ekawardani dan Kepala Instalasi Rawat Jalan dr Henny Liwe MKes berdialog bersama para pasien baik yang sedang menjalankan terapi maupun sudah sembuh dari kanker.

Selain itu, juga hadir para pendamping pasien atau keluarga pasien mengikuti kegiatan dialog interaktif tersebut.

Baca juga:  Wakil Walikota RS Ajak Pembalap Muda Ngebut di Ajang AMDR

Pada kesempatan itu, setiap pasien yang sudah sembuh, memberikan testimoni dan motivasi kepada pasien yang sedang dirawat.

Napitupulu menyebutkan ada tiga (3) modalitas penanganan kanker yakni Pembedahan, Kemoterapi dan Radiasi atau Radioteraphy atau Onkologi Radioteraphy.

“Tiga modalitas ini bisa dilakukan secara terpisah atau bisa juga dilakukan secara kombinasi, misalnya Pembedahan dulu kemudian dilanjutkan dengan Radioteraphy atau Sebaliknya, atau bisa juga Radioteraphy dilanjutkan dengan Kemoterapi dan semua itu sangat bergantung kepada Stadium, Hasil Patologi dan juga Kondisi atau keadaan umum pasien,” sebutnya.

Baca juga:  RSUP Prof Dr RD Kandou Manado Gelar Pelantikan Pejabat Administrasi Dan Pengawas

Lanjut Napitupulu menjelaskan bahwa tatalaksana penanganan kanker diseluruh dunia sama saja, tergantung pada kondisi daerah setempat apakah mempunyai pelayanan Radioterapy dan juga dokternya.

” Saat ini RSUP Kandou Manado menggunakan pesawat Cobalt 60 dan tidak lama lagi akan beroperasi juga terapi kanker dengan menggunakan pesawat Linac yang diperlengkapi dengan tehnik tiga dimensi, dimana penanganan pasien yang membutuhkan Radioterapy semakin optimal dan juga memberikan efek samping yang lebih minimal,” jelas Napitupulu. (sisco)

No More Posts Available.

No more pages to load.