Wayan Juwena : KPPN Manado Menerima Barang Jadi, Verifikasi Dan Validasi Nomor Rekening Di Lakukan Kemendikbud

Wayan Juwena : KPPN Manado Menerima Barang Jadi, Verifikasi Dan Validasi Nomor Rekening Di Lakukan Kemendikbud
Kantor KPPN Manado Sulawesi Utara
image_pdfimage_print

Sulut,GN- Tahun sebelumnya pembayaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dilakukan oleh KPPN Pusat Jakarta, namun mulai tahun 2020 Pembayaran dana Bantuan Operasional Sekolah telah diserahkan kepada KPPN Provinsi di daerah masing-masing.

Terkait dengan hal tersebut,pembayaran dana BOS ini, untuk Verifikasi dan Validasi data rekening dilakukan oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud) Pusat Di Jakarta. KPPN Manado hanya menerima barang yang sudah jadi. Ini disampaikan Kepala KPPN Manado Wayan Juwena,SE,ME kepada gemparnews.com Rabu (15/04/2020).

Foto: Saat Penganugrahan penghargaan kepada Wayan Juwena sebagai pelapor perubahan Zona integritas dan KPPN Manado sebagai kantor yang berpredikat kantor dengan wilayah layanan bebas dari korupsi ( WBK) 2019


Juwena menjelaskan terkait validasi, informasi yang didapat sekitar 24.000 rekening yang diterima tahap pertama hampir 90 persen salah total termasuk dari Sulut. Dikatakannya, pembayaran dana BOS untuk wilayah Sulut di bulan Januari sudah disalurkan tiga sekolah dan bulan Maret sudah disalurkan satu sekolah untuk wilayah Manado.
Lanjut, Juwena menyebutkan begitu banyak kesalahan kepemilikan rekening dan banyaknya rekening yang tidak aktif sehingga dana BOS tidak dapat dicairkan. “Kami KPPN Manado sebagai kuasa bendahara umum di daerah menerima barang yang sudah jadi. Beberapa sekolah yang benar-benar sudah clear,nomor rekening dan benar-benar memenuhi persyaratan terkait dengan penggunaan dana BOS, itulah yang kami bersedia untuk mencairkan pembayarannya,” jelas Juwena.

Kepala KPPN Manado Wayan Juwena,SE,ME


Juwena mengharapkan kepada para pimpinan sekolah memberikan data rekening yang benar. ” Tolong, untuk para kepala sekolah yang memiliki nomor rekening benar-benar mencantumkan dan melampirkan rekening koran dan buku tabungan,sehingga yang di imput oleh dinas pendidikan provinsi,sumbernya benar. Jadi nomor rekening dan rekening koran harus dilampirkan pada saat pengimputan data,” ucapnya.

KPPN Manado Percepat Pencairan dana APBN,Prioritas Utama Penanganan Covid-19

Sementara itu, Juwena menyatakan bahwa KPPN Manado memprioritaskan pencairan dana APBN terkait penanganan wabah Corona Virus (Covid-19) bahkan KPPN Manado berupaya menyelesaikan pencairan tepat pada waktunya meskipun pelayanan tatap muka dibatasi. ” Terkait merebak wabah covid-19 ini sejak januari lalu, layanan tatap muka di KPPN Manado ditiadakan,namun jangan kawatir penyaluran dan pencairan dana APBN, KPPN Manado menjamin akan cair tepat pada waktunya. Dengan proses pencairan ini,KPPN Manado berjanji untuk tetap menyelesaikan walaupun kami pulang paling cepat jam 12 malam,tetap akan cair tepat waktu,apalagi pencairan dana menyangkut penanganan Covid-19 ini, mendapat prioritas utama,” tutupnya. (Adv)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.