Bupati Gaghana Salurkan Bapok Bagi Pekerja Informal Terdampak Covid 19,Serta Bagikan APD Kepada Tenaga Medis

Bupati Gaghana Salurkan Bapok Bagi Pekerja Informal Terdampak Covid 19,Serta  Bagikan APD Kepada Tenaga Medis
Pemerintah Kabupaten Sangihe Menyerahkan Bantuan
image_pdfimage_print

SANGIHE,GN-Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe terus melakukan upaya kemanusiaan membantu masyarakat,khusunya pekerja informal. Buktinya Jumat (17/04/2020) dan Sabtu (18/04/2020) Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 menyerahkan bantuan Bahan Pokok (Bapok) dan BPJS Tenaga Kerja bagi 952 buruh bagasi di Pelabuhan Petta Kecamatan Tabukan Utara dan Pelabuhan Tahuna.

Pemerintah Kabupaten Sangihe Menyerahkan Bantuan Kepada Masyarakat


Saat menyerahkan secara simbolis Bapok kepada perwakilan buruh bagasi di Pelabuhan Tahuna,Gaghana menyatakan bahwa bantuan ini merupakan bentuk tanggungjawab pemerintah dalam upaya bersama imbas dari Covid 19.

Penyerahan Bantuan Kepada Masyarakat


“Saya melihat teman-teman buruh bagasi juga merasakan dampak dari Covid 19 sehingga menjadi kewajiban pemerintah untuk memberikan bantuan ditengah pendapatan harian buruh bagasi yang banyak berkurang”, singkat Gaghana.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Sangihe Drs Dokta Pangandaheng kepada sejumlah wartawan,menyampaikan bahwa,sejak Jumat 17 April-18 April 2020 penyerahan Bapok telah dilakukan pertama di Pelabuhan Petta bagi buruh bagasi sebanyak 292 orang dan buruh bagasi serta sopir truk pelabuhan Tahuna sejumlah 660 orang, ungkap Pangandaheng.

Ditambahkannya bahwa, sejumlah pekerja informal dan yang terkait didalamnya terdampak Covid 19 yang belum mendapatkan Bapok tetap bersabar sebab penyaluran akan terus dilakukan secara bertahap.

“Mulai dari sopir angkutan luar kota, ojek, pengendara bentor, hingga buruh bangunan yang kehilangan pekerjaan akibat Covid 19”, imbuh Pangandaheng sambil berharap agar penerima bantuan bersabar sebab akan Bapok akan disalurkan.

Turut hadir dalam kegiatan Dandim 1301/Sangihe, Letkol Inf Rachmat Christanto SIP, Danlanal Tahuna, Kolonel Laut (P) Dony Aribowo SSos, Kapolres Kepulauan Sangihe AKBP Tony Budhy Susetyo SIK, Kasdim 1301/Sangihe Mayor Inf Sonny Beny Saerang, Wakapolres Kepulauan Sangihe Kompol Fery Manoppo, Kepala KUPP Pelabuhan Tahuna Mokodompis Muhaling SIP.

Penyerahan Bantuan Kepada Masyarakat


Sebagai bentuk kepedulian dan perhatian Pemerintah daerah kepada masyarakat dan kepada tim medis terdampak covid 19,Selain memberikan Bapok kepada pekerja informal, Bupati Jabes Ezar Gaghana,SE,ME selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kabupaten Sangihe,juga melakukan pemantauan di beberapa Puskemas diantaranya di Kecamatan Manganitu, Tamako dan Manganitu Selatan, Sabtu (18/4)

Penyaluran Bantuan Kemanusiaan Kepada Masyarakat


Pada kesempatan itu, Gaghana juga membagikan sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis di sejumlah Puskesmas ada.

“Paket APD ini untuk kebutuhan tenaga medis dalam menyikapi percepatan penanganan Covid 19. Dan tentunya menjawab kebutuhan tenaga medis yang saat ini masih kekurangan APD,” ujar Gaghana.

Gaghana menuturkan, monitoring melalui pemerintah Kecamatan, pemerintah kampung terkait upaya penanganan Isolasi mandiri dan kesiapan rumah singgah di setiap kampung, harus perlu dilakukan guna memaksimalkan pencegahan covid-19.

“Kami juga meminta tenaga medis untuk menyiapkan lokasi khusus bagi Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang masih banyak pulang kampung dari Manado dan wilayah lainnya, serta peran camat dan kapitalaung, benar-benar dijalankan untuk mengsosialisakan pencegahan covid-19,”imbuh Gaghana.

Pemerintah Kabupaten Sangihe Menyerahkan Bantuan


Sementara itu, Juru Bicara percepatan penanganan Covid 19 Kabupaten Sangihe Jopy Thungari yang turut serta bersama Bupati menyatakan semua Puskesmas akan mendapatkan APD.

“APD yang disalurkan ini diperuntukan bagi tenaga medis. Dan jumlahnya setiap Puskesmas disesuaikan dengan jumlah tenaga medis yang ada.Untuk Puskesmas lainnya akan segera disalurkan,” tutupnya.(Advetorial)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.