Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19) Wajib di Ketahui Masyarakat

Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19) Wajib di Ketahui Masyarakat
image_pdfimage_print

MINSEL,GN – Bupati Minahasa Selatan DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE mengambil langkah cepat untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Minahasa Selatan dengan berkoordinasi mengumpulkan pihak terkait dalam lingkup pemerintahan yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan.

Salah satu SKPD yang paling berkompeten adalah Dinas Kesehatan Minahasa Selatan sebagai ujung tombak pelaksanaan pencegahan dan pengendalian Covid-19, mengeluarkan rujukan himbauan bagaimana cara memutuskan mata rantai penyebaran virus mematikan tersebut.

Berdasarkan penyampaian Kepala Dinas Kesehatan Minahasa Selatan dr. Erwin Schouten kepada awak media, pada Rabu, 18/03/2020, masyarakat sehat terlalu bergantung pada penggunaan masker, karena masker lebih direkomendasikan kepada orang atau pasien yang sedang sakit.

Menurutnya, Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19) yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI disebutkan berdasarkan bukti ilmiah, Covid-19 dapat menular dari manusia ke manusia melalui kontak erat dan droplet (wadah yang terkena bersin/air liur yang kemudian disentuh orang sehat) serta tidak melalui udara.

Dijelaskannya, orang yang paling beresiko tertular penyakit ini adalah orang yang kontak erat dengan orang yang Covid-19, termasuk yang merawat pasien Covid-19.

Lanjutnya, rekomendasi standart untuk mencegah penyebaran infeksi adalah cuci tangan secara teratur, menerapkan etika batuk dan bersin, menghindari kontak secara langsung dengan ternak dan hewan liar serta menghindari kontak dekat dengan siapapun yang menunjukan gejala penyakit pernafasan seperti batuk dan bersin.

“Dihimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktifitas berpergian keluar kota/daerah dan selalu menjaga stamina tubuh, dengan mengkonsumsi makanan sehat dan buah serta olahraga. Hindari kontak langsung dengan orang secara umum dan apabila mengalami gejala sakit pernafasan seperti flu dan batuk, diharapkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter atau puskesmas dan rumah sakit terdekat,” pungkas Schouten.
(*/Jusak Poludu)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.