Yembise Buka Kegiatan FPS 2019

Yembise Buka Kegiatan FPS 2019
image_pdfimage_print

SANGIHE,GN- Kegiatan Festival Pesona Sangihe (FPS) 2019 telah resmi di buka di pelabuhan tua Tahuna rabu,(10/9/19). FPS 2019 dibuka secara resmi oleh menteri pemberdayaaan perempuan dan perlindungan anak RI Prof Dr Yohana Susana Yembise,Dip,Apling,MA dan Bupati Jabes Ezar Gaghana,SE,ME dengan ditandai pemukulan tatengkorang oleh Menteri,Bupati,kepala dinas kebudayaan dan Pariwisata Sulut dan kepala dinas kebudayaan dan pariwisata Sangihe yang menandakan bahwa kegiatan festival pesona Sangihe telah resmi dibuka dan siap dilaksanakan.

Turut hadir pada acara pembukaan rombongan dari kementrian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak,sejumlah kepala dinas kebudayaan dan pariwisata dari beberapa kabupaten dan kota,Forkopimda,anggota DPRD Sangihe ketua PKK kabupaten Sangihe,wakil ketua PKK kabupaten Sangihe,para asisten Bupati,pimpinan OPD,para Camat dan Lurah.

Ribuan masyarakat Sangihe menyaksikan Meriahnya dan semaraknya pembukaan FPS 2019 baik masyarakat dalam kota Tahuna dan luar kota.
Malam pembukaan FPS dimeriahkan berbagai tarian traditional Sangihe diantaranya,tarian somahe kai kehage,tarian gunde,tarian kofo,masamper,koor,kolaborasi musik bambu,musik medoli,tarian salo,serta turut dimeriahkan artis ibu kota,artis propinsi dan Valent IDOL 2018.

Ketua umum panitia Edwin Roring dalam laporannya menyampaikan,tema saat ini adalah kembalikan Sangiheku,dan melalui FPS agar terus mengembangkan potensi daerah menuju kabupaten Bahari yang maju,sejatera, dan mandiri.Disampaikan juga bahwa pergelaran FPS 2019,menonjolkan kearifan budaya masyarakat Sangihe,yang digambarkan lewat stand2 pameran yang dibuat dari atap berbahan dasar daun rumbia dan daun woka,serta dinding berbahan dasar bambu.

Usai laporan panitia,sambutan Bupati kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana,SE,ME menyampaikan atas nama pemerintah dan masyarakat mengucapkan selamat datang kepada menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak RI, Prof.DR.Yohana Susana Yembise,Dip,Apling,MA yang lebih akrap disapa Mama Yo,yang telah tiba di kabupaten Sangihe,Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada menteri telah berkenan mengunjungi salah satu branda kesatuan RI,yang ada di utara Nusantara,bahwa kedatangan menteri merupakan yang pertama kali di bumi tampungang lawo.
“Malam ini adalah satu kehormatan bagi kami bahwa ibu menteri berkenan meluangkan waktu,bersama pemerintah dan masyarakat kabupaten Kepulauan Sangihe untuk menghadiri acara pembukaan festival pesona Sangihe 2019,ini menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat Sangihe”.

Disampaikan Bupati bahwa festival pesona Sangihe,merupakan ivent yang menampilkan seni dan budaya Sangihe yang di dalamnya menjumpai stand pameran pembangunan dari segena kecamatan di Sangihe,selain itu juga diikuti oleh berbagai instansi pemerintah daerah,dan instansi vertikal dan pihak swasta yang semuanya menonjolkan ciri khas yang ada di kabupaten Kepulauan Sangihe.

Sementara itu,menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak RI,Prof.Dr.Yohana Susana,Yembise,Dip,Apling,MA saat menyampaikan sambutan dan arahan, merasa sangat senang saat menyaksikan dan melihat anak2 bernyanyi di depan Mama Yo.
“Mama Yo bangga sekali dapat bertatap muka dengan ibu2 dan anak2 di Sangihe,mereka adalah masa depan bangsa ini,masa depan kabupaten ini,maka marilah kita semua memperhatikan ,tumbuh kembangkan anak2 kita,hak2 mereka dan perlindungan khusus bagi”.
Pada kesempatan itu Menteri mengucapkan selamat kepada pemerintah daerah,pemerintah propinsi sulawesi utara,tokoh adat dan tokoh masyarakat yang telah menjaga dan melestarikan serta mengembangkan festival pesona sangihe,sehingga pelaksanaan Festival ini dapat terlaksana,dan dapat dinikmati oleh yang hadir.
Harapannya,Semoga kegiatan ini menjadi bagian dari kalender of ivent di tingkat nasional,”harapnya. (ROBIN).

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.