P4S Gelar Pelatihan Tematik Petani Pala Di Kabupaten Minut

P4S Gelar Pelatihan Tematik Petani Pala Di Kabupaten Minut
image_pdfimage_print

Minut,GN- Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Jimmy Antonius Lesar,S Sos secara resmi membuka kegiatan Pelatihan Teknis Tematik Pala Berbasis Korporasi Bagi Non Aparatur yang Bertempat di Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S)Sahabat Alam Kabupaten Minut Provinsi Sulawesi Utara( Sulut). Kegiatan ini di laksanakan selama 3 hari dari tanggal 15 sampai 17 Mei 2019.

Sekretaris Dinas Jimmy Antonius Lesar, SSos dalam arahannya meyampaikan dukungannya atas Program Pengembangan Tanaman Pala Berbasis Korporasi diperlukan progres pengembangan Tanaman Pala.
Bentuk dukungannya melalui sebilan poin yakni peningkatan produksi, produktifitas dan mutu tanaman, Fasilitas pengembangan investasi, Pengembangan kawasan perkebunan (Kawasan Ekonomi Khusus), Ketersediaan kebun sumber benih pala, Pemanfaatan lahan perkebunan dgn program peremajaan, rehabilitasi dan perluasan areal, Pengembangan sistem informasi manajemen perkebunan, Fasilitasi pengembangan SDM, Pengembangan Kelembagaan dan kemitraan usaha dan Pengembangan integrasi hulu-hilir.
” Pelatihan teknis tematik seperti ini merupakan salah satu solusi yang tepat dalam memecahkan persoalan yang dihadapi petani dalam pengembangan komoditi pala,”ungkapnya.

Sementara, Kabid Perkebunan Agustine S Kandau, SPt, MM menjelaskan bahwa program pengembangan tanaman rempah (pala) adalah upaya penerapan pengembangan tanaman pala, melalui kegiatan rehabilitasi, peremajaan, perluasan dan itensifikasi serta pengembangan unit pemgolahan petani yg bertujuan untuk meningkatkan produksi dan produktifitas tanaman pala.

“Rencana kegiatan perkebunan untuk komoditas pala diperlukan perluasan tanaman pala, rehabilitasi pala dan identifikasi tanaman pala, pengadaan UPH pengering pala, penetapan sumber benih benih pala dan penetapan pohon induk terpilih” ujarnya.
Secara terpisah, Koordinator P4S Sahabat Alam Zonny Taroreh kepada awak media ini menjelaskan bahwa P4S adalah salah satu wadah pelatihan bagi petani di Kabupaten Minut yang telah terdaftar dan diakui oleh Kementerian Pertanian RI. ” Kegiatan Tematik ini adalah untuk memberikan pengetahuan bagi petani pala, cara menanam secara baik, termasuk jarak tanamnya dan juga merawat kebersihan tanaman pala,” pungkas Taroreh singkat.(sisco)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.